Tafsir-tafsir di Balik Sindiran Jokowi ke Ahok

ADVERTISEMENT

Round-Up

Tafsir-tafsir di Balik Sindiran Jokowi ke Ahok

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 21:31 WIB
Ahok dampingi Jokowi saat meresmikan implementasi B30 (Andhika/detikcom)
Ahok mendampingi Jokowi saat meresmikan implementasi B30. (Andhika/detikcom)

Jokowi Tunjukkan Kedekatan?

Peneliti politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, mengatakan tak ada yang spesial ketika Jokowi menyinggung absennya Ahok. Dia menyebut itu komunikasi biasa saja.

"Saya kira, itu cuma sekadar komunikasi biasa saja. Pak Ahok kebetulan tidak di situ, terus Pak Jokowi heran. Kalau untuk kode-kode politik, saya kira move politik Pak Jokowi untuk Pak Ahok kan sudah selesai. Pak Ahok sudah dapat kursi Komut," kata Arya kepada wartawan.

Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. (Hasan Al Habshy/detikcom)

Sementara itu, ucapan Jokowi yang berulang kali menyebut nama Ahok ia nilai sebagai tanda kedekatan Jokowi-Ahok. Apalagi, lanjutnya, acara Imlek ini memang konteksnya pas dengan Ahok, yang merupakan orang Tionghoa.

"Ya ini kan menunjukkan Pak Jokowi itu dari dulu sudah dekat dengan Pak Ahok, dari zaman masih jadi gubernur. Nah, ini acaranya kan Imlek, jadi pas sama Pak Ahok yang Tionghoa," ucapnya.


(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT