Kemenlu Jelaskan Skema Evakuasi WNI dari Wuhan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 18:31 WIB
Plt Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah
Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengaku terus melakukan koordinasi dengan pemerintah China dalam hal pemulangan warga negara Indonesia (WNI) karena wabah Corona. Kemenlu mengatakan saat ini sudah ada titik terang pemulangan WNI.

"Sejauh proses evakuasi, kami terus berkomunikasi dengan otoritas pemerintah Tiongkok, baik di pusat maupun di daerah. Dan dari komunikasi itu, kami sudah melihat titik cerah langkah-langkah yang lebih positif lagi, pada waktunya kita bisa memulangkan saudara-saudara kita," kata Plt Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah ketika diskusi FMB 9 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Faizasyah mengatakan saat ini Kemenlu sedang melakukan proses pra-evakuasi atau pengecekan data WNI yang ada di Wuhan, Provinsi Hubei. Kemenlu mencatat ada sekitar 243 WNI di sana.

"Dari data yang kita dapatkan, ada kurang-lebih 243 masyarakat kita yang ada di Provinsi Hubei, tapi tidak menutup kemungkinan ada juga yang tidak sempat terdata atau tidak melaporkan diri," ujar Faizasyah.

Faizasyah mengimbau para WNI di Wuhan agar melakukan verifikasi dokumen data diri mereka. "Terutama mahasiswa aktif mendata kembali, memverifikasi keabsahan kelengkapan dokumen mereka. Ini yang kita sebut tahapan pra-evakuasi," imbuh dia.