Soal Evakuasi WNI dari China karena Corona, Jokowi: Sore Ini Kita Putuskan

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 14:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Imlek Nasional tahun 2020 di ICE BSD City, Kamis (30/1). Jokowi hadir dengan mengenakan changshan.
Jokowi saat acara Imlek Nasional. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah masih mencari cara memulangkan WNI di China karena wabah virus Corona (2019-nCoV) di Kota Wuhan, dan sekitarnya yang sudah terkena dampak. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan Menlu Retno Marsudi turun tangan.

"Ya kan kemarin sudah saya sampaikan bahwa kita memiliki opsi untuk evakuasi, tetapi itu kan ada prosedur itu semuanya. Tadi sudah saya sampaikan pagi tadi saya sampaikan kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu tapi juga tahapan-tahapannya baru sore ini kita lakukan," ujar Jokowi di Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1/2020).

Pihaknya menggelar rapat internal guna membahas evakuasi WNI. Namun Jokowi menekankan bahwa ini bukan perkara mudah.

"Kalau ini kita evakuasi masuknya seperti apa kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu di mana ini hal seperti ini jangan dianggap gampang, harus disiapkan betul karena ini menyangkut sekali lagi ini, menyangkut virus. Sore ini baru kita akan putuskan," kata Jokowi.

Jokowi menyebut pihak RSPAD Gatot Soebroto siap jika menangani urusan Corona. Jokowi juga siap memberikan perintah.

"Ya memang yang paling siap menurut saya memang dari TNI berhubungan bidang kesehatan. Kita kan ada misalnya tim di RSPAD, Itu jauh lebih siap dan mereka sudah menyatakan sudah siap. Tinggal nanti saya (perintah). Kita lakukan setelah rapat," ujarnya.

"Artinya kita tinggal memutuskan tapi juga melihat di sana. Ini bukan negara kita lo. bukan di negara kita, di negara orang lain yang memiliki regulasi, yang memiliki aturan-aturan yang ada," imbuhnya.

Simak Video "Virus Corona Diprediksi Segera Mereda"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/imk)