Polisi Tangkap Kaki Tangan King of The King di Kutai Timur

Ferdinan - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 12:14 WIB
Muncul King of The King di Tangerang, Klaim Mau Lunasi Utang Negara
Ilustrasi Spanduk King of The King di Tangerang (Foto: Istimewa)
Kutai Timur -

Polisi menangkap dua orang kaki tangan dari pimpinan King of The King di Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim). Keduanya ditetapkan sebagai tersangka penipuan karena meminta setoran ke pengikut dengan iming-iming miliaran rupiah.

"Kita tetapkan tersangka 2 orang inisial BU dan Z," ujar Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo saat dihubungi, Kamis (30/1/2020).

Penangkapan dilakukan setelah viral foto spanduk ucapan selamat datang kepada 'Mr Dony Pedro' yang disebut sebagai Presiden King of The King. Jaringan King of The King di Kutai Timur diberi nama Indonesia Mercusuar Dunia (IMD).

"Bermula dari spanduk akan ada kedatangan raja di 5 titik kota Sangatta. Karena meresahkan masyarakat, saya perintahkan Kasat Reskrim dan Kasat Intel membentuk tim," imbuh AKBP Indras.

Dari pemeriksaan sementara, ada 20 pengikut IMD di Kutai Timur. Sementara total di Kaltim ada 93 orang pengikut.

"Tersangka Z dan BU perannya sama, yaitu sebagai ketua IMD Kaltim, kemudian merekrut anggota baru dan simpatisan baru di wilayah Kutim dan Kaltim. Mereka kemudian menerima uang pendaftaran simpatisan dan anggota baru dan mengirim uang ke MR DP," terang AKBP Indras.

(fdn/tor)