Buka Rapim TNI AU 2020, KSAU Ingatkan Pesan Jokowi-Prabowo soal Anggaran

ADVERTISEMENT

Buka Rapim TNI AU 2020, KSAU Ingatkan Pesan Jokowi-Prabowo soal Anggaran

Yogi Ernest - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 09:20 WIB
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna (Yogi Ernest/detikcom)
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna (Yogi Ernest/detikcom)
Jakarta -

TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar rapat pimpinan atau rapim tahun 2020. Dalam rapim tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengelolaan anggaran.

Yuyu mengatakan Jokowi menekankan tidak boleh adanya penyelewengan dalam mengelola anggaran. Apalagi, tahun ini TNI AU mendapat anggaran sebesar Rp 16,7 triliun untuk peningkatan alutsista. Jumlah tersebut naik sebesar Rp 2,3 triliun dari tahun sebelumnya.

"Dalam rapat terbatas yang dilaksanakan Senin lalu, Bapak Presiden Joko Widodo menekankan tidak boleh ada penyelewengan dalam proses pengadaan barang dan jasa, baik itu korupsi, mark up atau membuat kesepakatan tertentu dengan mitra yang akhirnya dapat merugikan negara," tegas Yuyu saat membuka rapim di Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/1/2020).

Yuyu juga mengingatkan pesan Menhan Prabowo Subianto serta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang mengatakan untuk menjaga amanah pemerintah yang sudah menaikkan anggaran di sektor pertahanan. Tahun ini sendiri pemerintah telah menganggarkan total Rp 127 triliun untuk Kementerian Pertahanan, angka tersebut merupakan terbesar di antara kementrian yang lain.

"Untuk itu perlu komitmen dari kita semua, mulai dari diri saya sendiri sebagai Kepala Staf Angkatan Udara, hingga para komandan di setiap satuan kerja untuk mengawal setiap program kerja dan anggaran tersebut hingga benar-benar digunakan sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan," ujar Yuyu.

Dalam sambutannya, Yuyu juga berharap rapim TNI AU tahun 2020 ini tidak dipandang sebagai sebuah rutinitas dan formalitas semata. Menurutnya, rapim ini penting untuk menyelaraskan pandangan dari semua pihak terkait di TNI AU.

Rapim TNI AU pada tahun 2020 sendiri diikuti oleh 236 peserta. Pada rapim kali ini, TNI AU mengangkat tema TNI Angkatan Udara Profesional, Militan, dan Inovatif Sebagai Garda Terkuat dan Terunggul Tentara Nasional Indonesia.

(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT