Pakai Changshan Merah, Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 09:40 WIB
Presiden Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 mengenakan changshan merah
Presiden Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 mengenakan changshan merah (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Imlek Nasional tahun 2020. Acara digelar di ICE BSD City.

Jokowi memasuki aula perayaan Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1/2020) pukul 09.08 WIB. Kepala negara mengenakan changshan, yang merupakan pakaian tradisional China yang dikenakan laki-laki, berwarna merah.

Sebelum memasuki acara, Jokowi sempat meninjau produk UMKM bersama Menteri Koperasi Teten Masduki. Perancang busana Anne Avantie juga terlihat hadir.

Para pejabat yang hadir antara lain Mensesneg Pratikno, Mendikbud Nadiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Acara diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya.

Changshan yang dikenakan Jokowi merupakan rancangan Anne. Adapun desain baju tersebut disesuaikan dengan tema acara, yakni 'Bersatu untuk Maju'.

Kerah shanghai yang dipilih Anne Avantie juga punya makna tersendiri. Aplikasi sulaman emas juga ikut menghiasi pakaian yang memakan waktu pembuatan selama dua minggu itu.

"Ini merupakan sebuah simbol kekhasan masyarakat keturunan Tionghoa. Bila dikaitkan dengan keberagaman, kerah shanghai bisa menunjukkan bahwa ada banyak seni budaya yang terus berkembang di Indonesia," kata Anne, Kamis (23/1).

(dkp/azr)