Round-Up

Kisah Sedih Pengemis Buta Disangka Perampok Bertongkat

Tim de - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 06:44 WIB
Viral Kakek Buta di Sentul Disebut Pengemis Modus Perampokan, Ini Faktanya
Foto: Screenshot video (dok.Istimewa)

"Bantuan non-tunai berupa beras dan telur tiap bulan, tadi sudah langsung diarahkan," tutur Cecep.

Pihak kecamatan juga akan menindaklanjuti jaminan kesehatan bagi Rusmin. Rusmin dipastikan akan mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS.

"Untuk kesehatannya ditindaklanjuti dengan BPJS PBI yang iurannya dibayar oleh pemerintah," imbuh Cecep.

Selain itu, pihak kecamatan juga melakukan perekaman e-KTP bagi Rusmin. Diketahui, Rusmin saat ini masih memegang KTP reguler. Meski menyayangkan adanya kesalahpahaman dalam video viral, namun Cecep mengambil hikmah di balik itu. Dengan begitu, pihak kecamatan mengetahui adanya warga yang perlu perhatian.

"Langkah tadi sebetulnya kita ada hal yang tidak kita tahu jadi tahu, ternyata ada masyarakat yang harus diperhatikan yang tidak terdata," ujar Cecep.

Cecep juga menyinggung soal tongkat berpaku yang dibawa Rusmin. Tongkat berpaku itu bukan untuk mencelakai orang, namun semata-mata sebagai alat bantu sekaligus pengaman ketika Rusmin berjalan di jalan bertanah yang licin.

"Jadi biar nancep lah gitu, biar ada pegangan. Bagaimana dia mau berniat jahat, sementara melihat saja tidak bisa," tutur Cecep.

Dalam kesempatan itu, Cecep juga sempat menanyakan alasan Rusmin duduk di aspal jalanan yang membahayakan bagi keselamatannya. "Kenapa dia di jalan ada di situ, karena kerjanya menunggu belas kasihan orang. Katanya dia capek, dia sendiri nggak tahu dia posisi di mana namanya orang nggak bisa melihat. 'Mana saya tahu di situ', lalu dia duduk di jalan, karena pinggang sakit," tutur Cecep.

Pihak kecamatan juga mengimbau agar Rusmin tidak lagi turun ke jalan, sebab hal itu juga membahayakan keselamatan Rusmin. "Makanya tadi juga kita jelaskan 'awas Pak keselamatan Bapak, jangan sampai terulang lagi main di jalan' dan bapak itu mau nurut," tandas Cecep.

Halaman

(mea/mea)