Round-Up

Kisah Sedih Pengemis Buta Disangka Perampok Bertongkat

Tim de - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 06:44 WIB
Viral Kakek Buta di Sentul Disebut Pengemis Modus Perampokan, Ini Faktanya
Foto: Screenshot video (dok.Istimewa)

"Tadi dari Muspika sudah turun ke sana dan menemui Pak Rusmin, ternyata kondisinya memang tergolong miskin," kata Cecep saat dihubungi detikcom, Rabu (29/1/2020).

Rusmin tinggal di rumahnya yang berukuran sekitar 4x5 meter. Rumah itu pun merupakan rumah bantuan dari pemerintah. Rusmin memiliki seorang istri dan 2 anak yang sudah dewasa. Kedua anaknya sudah berkeluarga.

"Cuma yang laki-laki itu tinggal di situ juga sama istri dan 2 anaknya. Jadi di rumah itu ada 6 orang. Kalau anaknya yang perempuan tinggal sama suaminya di Cilebut," tutur Cecep.

Cecep mengatakan Rusmin adalah tulang punggung keluarga. Anak lelakinya hanya bekerja serabutan, sehingga tidak bisa menjamin hidup Rusmin sekeluarga.

Rusmin memang hampir setiap hari keluar dari rumah. Dia pergi pagi dan pulang sore hari untuk mencari sesuap nasi dengan mengharapkan belas kasih warga.

"Karena kondisinya memang tidak bisa melihat, sementara prinsipnya yang ada di pikirannya gimana agar punya beras. Jadi bapak itu keluar kalau beras di rumahnya sudah habis," tambahnya.

Hasil asesmen, pihak kecamatan mendapatkan fakta bahwa Rusmin memang tergolong ke dalam kondisi ekonomi lemah. Untuk itu, Cecep memastikan selanjutnya Rusmin akan mencapatkan bantuan non-tunai tiap bulan dari pemerintah setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3