Pemkab Bogor Beri Bantuan Kakek Pengemis Buta yang Disebut Perampok Bermodus

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 22:28 WIB
Begini Kondisi Kakek Buta yang Viral Disebut Pengemis Modus Perampok
Kakek Rusmin (tengah), pengmis buta di Sentul City. (dok. Istimewa)
Bogor -

Pemerintah Kabupaten Bogor turun tangan setelah mendapat informasi kakek Y Ajar Rusmin (70), pengemis buta yang viral karena disebut melakukan modus perampokan. Rusmin akhirnya mendapat bantuan dari pemerintah setempat.

"Kami dari Muspiksa sudah ke sana, pas begitu viral video tersebut, Muspika meminta Satpol PP untuk mengecek, kemudian Polsek menurunkan Kanit Reskrim untuk memantau keberadaan beliau di mana, apa betul seperti itu. Setelah didapat informasi yang akurat, tadi saya selaku Camat beserta Kapolsek berangkat ke lokasi, sekaligus asesmen terhadap Pak Rusmin itu," jelas Camat Babakan Madang Cecep Imam saat dihubungi detikcom, Rabu (29/1/2020).

"Setelah diasesmen, apa yang diviralkan itu, saya menyatakan dan jelaskan langsung bahwa yang memviralkan itu tidak tahu kondisi sebenarnya, karena yang bersangkutan tidak melihat," sambung Cecep.

Hasil asesmen, pihak kecamatan mendapatkan fakta bahwa Rusmin memang tergolong warga dengan kondisi ekonomi lemah. Untuk itu, Cecep memastikan selanjutnya Rusmin akan mendapatkan bantuan non-tunai tiap bulan dari pemerintah setempat.

"Bantuan non-tunai berupa beras dan telur tiap bulan, tadi sudah langsung diarahkan," tutur Cecep.

Pihak kecamatan juga akan menindaklanjuti jaminan kesehatan bagi Rusmin. Rusmin dipastikan akan mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS.

Selanjutnya
Halaman
1 2