Begini Kondisi Kakek Buta yang Viral Disebut Pengemis Modus Perampok

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 21:04 WIB
Begini Kondisi Kakek Buta yang Viral Disebut Pengemis Modus Perampok
Kakek Rusmin (tengah), pengemis buta di Sentul City. (dok. Istimewa)

"Cuma yang laki-laki itu tinggal di situ juga sama istri dan 2 anaknya. Jadi di rumah itu ada 6 orang. Kalau anaknya yang perempuan tinggal sama suaminya di Cilebut," tutur Imam.

Cecep mengatakan Rusmin adalah tulang punggung keluarga. Anak lelakinya hanya bekerja serabutan, sehingga tidak bisa menjamin hidup Rusmin sekeluarga.

"Jadi bapak itu memang jadi tulang punggung keluarga, si ibunya tinggal di rumah," katanya.

Lebih lanjut, Cecep menyebut Rusmin memang hampir setiap hari keluar dari rumah. Dia pergi pagi dan pulang sore hari untuk mencari sesuap nasi dengan mengharapkan belas kasih warga.

"Karena kondisinya memang tidak bisa melihat, sementara prinsipnya yang ada di pikirannya gimana agar punya beras. Jadi bapak itu keluar kalau beras di rumahnya sudah habis," tambahnya.

Seperti diketahui, Rusmin menjadi viral di media sosial setelah seorang penumpang mobil mengambil videonya. Dalam rekaman video itu, perempuan tersebut menyebut Rusmin sebagai pengemis bermodus lantaran membawa tongkat yang dipasangi paku-paku di bagian bawahnya.

Perempuan itu menyebutnya berpura-pura buta. Faktanya, Rusmin memang dalam kondisi buta.

Sementara itu, tongkatnya dipasangi paku sebagai pengaman ketika berjalan. Agar Rusmin tidak terpeleset ketika berjalan di tanah yang licin. Tongkatnya itu sendiri sudah diganti dengan tongkat rotan, bantuan dari pihak Sentul City.

Halaman

(mei/idh)