Guru Besar IPB Minta Penanganan Karhutla Jangan Hanya Lip Service

M Faisal Javier Anwar - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:08 WIB
Upaya pemadaman karhutla di kawasan Sumatera dan Kalimantan terus dilakukan. Warga turut berjibaku memadamkan api agar tak makin meluas hingga permukiman.
Foto ilustrasi karhutla. (Antara Foto/Bayu Pratama S)
Jakarta -

Guru besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Bambang Hero Saharjo meminta pemerintah serius mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dia menilai masih ada perbedaan antara pernyataan pengambil kebijakan dan hasil temuan di lapangan.

"Harus ada audit. Karena tadi, 'Sudah ada ini sudah ada ini', tapi kebakaran terus. Begitu kita di lapangan (ternyata) masih lip service," gerutu Bambang pada acara diskusi Ngobrol Tempo bertajuk 'Bagaimana Antisipasi Indonesia di Lahan Gambut 2020?' di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Penerima anugerah John Maddox Prize 2019 ini kemudian mencontohkan langkah yang diambil Badan Restorasi Gambut (BRG). Pembangunan sekat kanal di lahan gambut selalu diperiksa kembali oleh BRG untuk memastikan berfungsi dengan baik.

"Teman-teman kan sudah melakukan kegiatan restorasi (gambut). Tolong dicek, dari Pak Kepala Badan (BRG) sudah disampaikan itu benar nggak canal blocking-nya, karena mestinya pada saat musim kemarau airnya juga ada, musim hujan juga ada tapi di-manage," ujar Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2