Surya Paloh: Spirit NasDem Mau Pansus Jiwasraya

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 16:27 WIB
Konferensi pers Surya Paloh dan Sohibul Iman usai bertemu (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Foto: Konferensi pers Surya Paloh dan Sohibul Iman usai bertemu (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan mereka sejatinya ingin ada Pansus Jiwasraya sebelum DPR memutuskan penyelesaian masalah keuangan perusahaan pelat merah itu lewat panja. Surya Paloh mengungkapkan alasan pembentukan Pansus Jiwasraya ini urung terlaksana.

"Kasus Jiwasraya. Mendengar pertama spiritnya NasDem mengharapkan adanya pansus. Sekarang kenapa sekarang beralih bisa menerima Panja, ya itulah dinamika yang kita hadapi bersama. NasDem kan bukan satu-satunya institusi parpol di DPR. Kita punya 9 fraksi di sana," kata Surya Paloh usai menerima kunjungan Presiden PKS Sohibul Iman di DPP NasDem, Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

"Kita juga bukan satu-satunya fraksi pendukung pemerintahan. Ada kawan-kawan yang lain. Nah memang kalau memungkinkan penyelesaian katakanlah pansus itu jauh lebih memungkinkan, lebih bagus, optimis, kenapa tidak. Karena kita bukan partai yang suuzan ya istilahnya, berburuk sangka, negatif macam-macam," imbuh Paloh.

Paloh menyebut rakyat butuh transparansi terkait masalah keuangan Jiwasraya. Namun, menurut Surya Paloh, fraksi lain di DPR berhasil meyakinkan NasDem kalau meski hanya lewat panja, masalah ini bisa diungkap.

"Rakyat, masyarakat membutuhkan transparansi kita memahami itu. Toh kalau pemikiran kawan-kawan argumentasi yang tidak kalah pentingnya cukup masuk di akal, ah, kita harus menerima itu, kenapa? Karena teman-teman berhasil meyakinkan NasDem cukup panja dengan memang ada tindakan-tindakan action yang telah dilakukan pemerintahan," tutur Surya Paloh.

Tindakan pemerintah yang dimaksud Surya Paloh adalah langkah Kejaksaan Agung yang menyelidiki kasus Jiwasraya dan telah menetapkan tersangka. Surya Paloh mengaku tertarik mengamati langkah pemerintah selanjutnya.

"Ini kita akan tunggu sejauh mana proses tindakan hukum ini akan berlangsung, apakah akan berhenti sampai tingkat 1, 2, 3, 4, 5 yang sudah diambil tindakan langsung ini atau ada pola lebih lanjut. NasDem berharap menuntaskan secara total. Kalau nggak, ya nggak ada salahnya walaupun panja sekarang balik lagi kita usulkan kepada pansus. Itu sikap NasDem," tegas Surya Paloh.

(gbr/tor)