Kapolri Buka Rapim Pengamanan Pilkada-PON 2020, Ketua KPK Hadir

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 10:45 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Polri (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Kapolri Jenderal Idham Azis membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Polri. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Polri. Rapat tersebut membahas pengamanan Pilkada serentak dan PON XX di Papua.

Dalam sambutannya, Idham meminta jajaran Polri menjaga netralitas dalam Pilkada serentak. Dia juga menekankan untuk mengacu pada SOP dalam melakukan pengamanan.

"Junjung tinggi netralitas dan integritas Polri. Ikuti mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan," kata Idham di Gedung PTIK, Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Sejumlah pimpinan lembaga turut hadir dalam rapim ini di antaranya Ketua KPK Firli Bahuri dan anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al-Habsyi. Firli dan Idham duduk di bangku barisan paling depan.

Idham juga menyinggung persiapan PON XX di Papua. Dia meminta jajaran Polri meningkatkan sinergi dengan TNI.

"Polri harus mampu menjamin agenda PON terselenggara dengan aman lancar dan kondusif," ucapannya.

Sebelumnya TNI dan Polri juga melaksanakan rapat pimpinan 2020 di Mabes TNI, Jakarta Timur (Jaktim). Salah satu yang dibahas dalam rapim ini adalah pengamanan Pilkada Serentak 2020 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Tentunya melalui forum rapim TNI-Polri akan lebih memanfaatkan profesionalitas, soliditas, dan sinergitas sebagai kekuatan mendasar dalam menjaga keutuhan NKRI, terutama tugas ke depan dalam rangka mengamankan Pilkada Serentak dan PON XX tahun 2020 di Papua," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya di acara Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cipayung, Jaktim, Selasa (28/1).

Simak Video "Rapim TNI-Polri, Bahas Pengamanan Pilkada Hingga PON 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(abw/gbr)