Pengacara Minta Polisi Profesional Periksa Penyidik soal Lutfi Ngaku Disetrum

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 09:34 WIB
Lutfi Alfiandi Pembawa Bendera Didakwa Melawan Polisi saat Demo Ricuh
Dede Lutfi Alfiandi saat menjalani sidang. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta -

Tim kuasa hukum terdakwa Dede Lutfi Alfiandi alias Lutfi mengapresiasi dibentuknya tim khusus untuk mendalami pengakuan Lutfi disetrum dan telah memeriksa lima penyidik Polres Jakarta Barat. Polisi diminta bertindak profesional.

"Ya kami sih melihat Polri tentu melakukan profesionalitas terhadap institusinya dan melakukan yang terbaik tentunya kan," kata tim pengacara Lutfi, Andris Basril, saat dihubungi detikcom, Selasa (28/1/2020) malam.

Menurut Andris, Polri memiliki kewenangan dan aturan untuk mendalami pengakuan Lutfi. Andris berharap pihak kepolisian melakukan yang terbaik dalam pemeriksaan para penyidik Lutfi.

"Kami mendukung apa yang dilakukan langkah-langkah dari kepolisian terhadap (kasus) ini. Tentu kita menginginkan yang terbaik lah," ujar Andris.

Seperti diketahui, Lutfi alias Dede mengaku dipaksa polisi mengakui melemparkan batu ke aparat kepolisian. Selain dipukul, Lutfi mengaku disetrum oleh polisi agar mengakui perbuatannya tersebut.

Hal itu disampaikan Lutfi dalam persidangan pada Senin (20/1) lalu di PN Jakarta Pusat. Lutfi menyampaikan hal tersebut dalam sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

"Iya dipukul dan disetrum dan itu sama dengan tahanan lain," kata pengacara Lutfi, Sutra Dewi, kepada wartawan, Selasa (21/1).

Lutfi didakwa melawan polisi pada saat aksi 30 September 2019. Lutfi, disebut jaksa, melakukan kekerasan kepada polisi yang berjaga di depan gedung DPR.

Polri pun membentuk tim khusus untuk mendalami pengakuan Lutfi alias Dede yang menyebut bahwa dia disetrum agar mengaku melakukan pelemparan terhadap aparat keamanan. Tim itu sudah memeriksa lima penyidik dari Polres Metro Jakarta Barat.

"Tim bekerja melakukan pemeriksaan, baik internal atau eksternal, secara keseluruhan sudah 5 penyidik dari Polres Jakarta Barat yang diperiksa terkait perkara ini," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (28/1).

Simak video 5 Penyidik Polres Jakbar Diperiksa Soal Pengakuan Disetrumnya Luthfi:

[Gambas:Video 20detik]

(azr/isa)