Antisipasi Virus Corona, Guru Besar UI Dukung Hapus Bebas Visa Bagi China

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 08:44 WIB
Hikmahanto
Foto: Hikmahanto (Lisye-detikcom)
Jakarta -

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, pemerintah harus melakukan strategi secara total. Salah satunya menghapus kebijakan bebas visa bagi China.

"Mengingat kebijakan pemberian visa merupakan kedaulatan maka pencabutannya pun eksklusif merupakan kewenangan negara yang membuat kebijakan. Oleh karenanya pemerintah Indonesia bisa saja sewaktu-waktu mencabut kebijakan pemberian bebas visa bagi warga asal China untuk apapun alasan. Termasuk alasan untuk menurunkan laju penyebaran virus Corona," kata guru besar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Prof Hikmahanto Juwana kepada wartawan, Rabu (29/1/2020).

Menurut Hikmahanto, pencabutan kebijakan bebas visa ini harus dipandang sebagai suatu yang penting dan mendesak dalam rangka menekan warga China yang belum tentu terpapar virus Corona untuk mengungsi ke Indonesia. Negara yang memberikan fasilitas bebas visa adalah negara ideal yang dituju untuk mengungsi.

"Dalam konteks demikian pemberian bebas visa yang awalnya untuk meningkatkan jumlah wisata justru dimanfaatkan untuk mengungsi. Bila modus ini terjadi maka suatu pemerintah Indonesia akan direpotkan untuk mengawasi para warga asal China yang tinggal melebihi waktu visanya," papar Hikmahanto.

"Oleh karenanya adalah tepat bila Presiden Jokowi saat ini mencabut kebijakan bebas visa untuk warga China," sambung Hikmahanto menegaskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2