Anggota Komisi X Ancam Tak Setujui Anggaran Pendidikan Nonformal Usulan Nadiem

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 23:08 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim menghadiri rapat Komisi X DPR (Mochamad Zhacky/detikcom)
Mendikbud Nadiem Makarim menghadiri rapat Komisi X DPR. (Mochamad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi X DPR RI Sudewo mengingatkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tak membuat program yang tidak ada nomenklaturnya. Sudewo menegaskan seluruh anggaran Kemendikbud harus mendapat persetujuan Komisi X.

"Kalau memang ingin memberikan pendidikan nonformal ini dalam... masukkan pendidikan (nonformal) dalam nomenklatur struktur organisasi Kementerian Pendidikan, sehingga kami ada dasar hukumnya," kata Sudewo dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Nadiem sendiri ingin membuat program pendidikan nonformal. Sudewo menekankan Komisi X juga tidak akan berani menyetujui anggaran program tersebut jika tidak ada nomenklaturnya.

"Pak Menteri nggak akan tiba-tiba membuat anggaran tanpa persetujuan kami. Tidak bisa masuk dalam Banggar dan APBN tanpa di sini," jelasnya.

"Kami ketakutan untuk itu, sementara itu tidak masuk dalam struktur organisasi Bapak. Bagaimana nanti BPK institusi resmi yang audit bilamana Bapak create program tanpa ada pembina, tanpa ada struktur?" imbuh Sudewo.

Selanjutnya
Halaman
1 2