Di Depan DPD PAN, Petahana Bupati Serang Beberkan Kinerja Pembangunan

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 19:59 WIB
Pemkab Serang
Foto: Pemkab Serang
Jakarta -

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan pembangunan Kabupaten Serang sudah berjalan baik. Menurutnya, hal itu dapat dicapai salah satunya berkat sinergi antar-partai politik (parpol) di Kabupaten Serang.

"Pembangunan Kabupaten Serang sudah berjalan dengan baik, tentu bukan hanya prestasi saya atau Pemkab Serang, tetapi atas sinergi bersama partai politik atau parpol, yang di dalamnya ada Partai Amanat Nasional. Maka segala kekurangan yang ada, kita harus sempurnakan bersama," kata Tatu dalam keterangan tertulis, Selasa (28/1/2020).

Bertempat di Hotel Swiss-Belinn Modern Cikande, Tatu juga menyampaikan gagasan pembangunan Kabupaten Serang dalam penyampaian visi-misi calon kepala daerah yang digelar PAN. Lalu Tatu menyampaikan strategi pembangunan Kabupaten Serang lima tahun ke depan.

Sejumlah capaian pembangunan Kabupaten Serang kurun waktu tahun 2016-2018 disampaikan Tatu kepada fungsionaris PAN Kabupaten Serang. Antara lain peningkatan rata-rata lama sekolah meningkat dari 6,98 tahun menjadi 7,18 tahun, angka harapan hidup meningkat dari 63,81 tahun menjadi 64,22 tahun, dan pendapatan per kapita masyarakat meningkat dari Rp 10.137.000 menjadi 10.693.000.

"Fokus kita saat ini dan ke depan tetap pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM," tegas Tatu.

Lebih lanjut Bakal Calon Bupati Serang ini menjelaskan tidak kalah penting tentang capaian pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serang. Pada 2016, jalan kewenangan kabupaten yang rusak mencapai 474,77 kilometer (km). Melalui program pembangunan jalan beton 100 km per tahun, pada 2019 telah tuntas jalan beton sepanjang 437,54 km. Kemudian pada 2020 direncanakan selesai jalan beton sepanjang 540,14 km.

"Ditargetkan pada tahun 2021, jalan kewenangan kabupaten sepanjang 601,13 km akan tuntas dibeton. Selanjutnya kami akan meningkatkan status 400 km jalan desa menjadi jalan kabupaten. Tentu harus membuat perda lagi, harus dibahas bersama dengan DPRD yang di dalamnya ada PAN dan parpol lainnya," tegas Tatu.

"Pada periode kedua nanti, kami mengharapkan PAN bisa bergabung dan melanjutkan pembangunan lima tahun ke depan," ujar Tatu.

Sementara itu, Ketua DPC PAN Kabupaten Serang Jaenudin menilai visi misi yang disampaikan Tatu sangat rasional. Hasil pembangunan yang sudah berjalan pun cukup terlihat.

"Bu Tatu ini kan sudah menjabat, jadi kerja nyatanya sudah ada," ujarnya.

Kata dia, dalam penyampaian visi-misi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Serang, DPC PAN Kabupaten Serang sudah memberikan angket kepada para pengurus kecamatan untuk menilai kandidat yang menyampaikan presentasi.

"Selanjutnya nanti kita akan melanjutkan rekomendasi ke DPP PAN melalui DPW PAN Provinsi Banten." ujarnya

Tonton juga Papua Jadi Daerah Rawan di Pilkada, Mendagri: Ada Potensi Konflik :

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)