Kemendagri Beberkan Potensi Konflik di Pilkada Serentak 2020

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 19:03 WIB
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar,
Kapuspen Kemendagri Bahtiar (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan mayoritas daerah di Indonesia relatif aman dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Namun, ada beberapa wilayah yang memerlukan penanganan khusus.

"Pak Menteri di rapim TNI juga sudah menyampaikan, secara umum daerah landai-landai saja, karena relatif yang kita alami ini kan sesuatu yang berulang, apalagi yang di 2020 ini relatif mengulang yang di 2015 lalu," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar di Kemendagri, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Bahtiar mengatakan sejauh ini Kemendagri sudah melakukan pemetaan dan deteksi dini tentang kemungkinan adanya potensi konflik saat Pilkada. Menurutnya, daerah yang pernah mengalami konflik identitas, seperti Kalimantan Tengah, perlu diantisipasi sejak awal.

"Secara umum daerah-daerah ini sudah kita petakan, deteksi dini kita tentang potensi konflik, misalnya indikasi adalah ketika daerah itu pernah terjadi konflik, misalnya di daerah mana sih yang pernah punya potensi politik identitas? Misalnya pernah terjadi kan di Kalteng. Di lima tahun lalu. Nah ini kita harus deteksi sejak awal. Kan gitu," ujar Bahtiar.

Tonton juga Papua Jadi Daerah Rawan di Pilkada, Mendagri: Ada Potensi Konflik :

Selanjutnya
Halaman
1 2