Pabrik Tabung Gas di Bekasi Meledak Dini Hari Tadi, 7 Orang Luka-luka

Isal Mawardi, Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 18:47 WIB
Kebakaran di PT Semar Gemilang, Kabupaten Bekasi
Foto: Dok. Istimewa
Kabupaten Bekasi -

Ledakan terjadi di sebuah pabrik tabung gas di Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, dini hari tadi. Tujuh orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat kejadian ini.

"Nggak ada (korban tewas), luka bakar aja 7 orang," ujar Kapolsek Tambelang, AKP Shodirin, ketika dihubungi detikcom, Selasa (28/1/2020).

Ledakan itu mengakibatkan kebakaran di PT Semar Gemilang, Kampung Kedung Ringin, RT 03 RW 02, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Selasa (28/1) dini hari. Mulanya, terdapat sebuah mobil tangki yang masuk ke area PT Semar Gemilang untuk melakukan bongkar-muat.


Diduga terdapat kebocoran gas pada salah satu pipa sehingga mengakibatkan ledakan. Sejumlah karyawan berhamburan ke luar pabrik ketika ledakan terjadi.

"Karyawan keluar dari area pabrik dan berkumpul di pintu gerbang dan sekitar pukul 00.30 WIB terjadi ledakan yang mengakibatkan kebakaran," kata Shodirin.

Polisi bersama petugas Damkar pun mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman. Belum diketahui total kerugian akibat kebakaran tersebut.

Selain menimbulkan korban luka, peristiwa ini mengakibatkan sejumlah mobil tangki terbakar.


Dihubungi secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Dwi Prasetyo menegaskan tidak ada tangki mobil yang meledak, melainkan hanya terbakar di beberapa bagian.

"Truk yang terbakar ada 6 unit, yaitu 3 unit truk tangki terbakar di bagian kepala dan 3 unit truk engkel yang terbakar juga di bagian kepala," ujar Dwi.

Dwi menambahkan pihaknya masih menyelidiki peristiwa tersebut. Masyarakat diimbau tidak memasuki TKP untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Para korban luka dirujuk ke RSUD Bekasi. Berikut ini data para korban:

1. Ketua RT 02 Karman
2. Harmanto (sekuriti)
3. Robert (sekuriti)
4. Tomi (pegawai PT Semar Gemilang)
5. Ahmadi (pegawai PT Semar Gemilang)
6. Wahyu (pegawai Semar Gemilang)
7. Kepala Dusun Midi.

(isa/mei)