Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi untuk Tangani Virus Corona

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 17:04 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan 21 kapsul evakuasi untuk menangani pasien suspek virus corona. Selain itu ada tiga rumah sakit di Ibu Kota yang dipersiapkan untuk merawat pasien.

"Kemenkes akan siapkan semua sarana prasarana isolasi, rumah sakit, dan sebagainya itu kewenangan Kemenkes. Kita sudah siapkan, kapsul evaluasi juga sudah ada semua," kata Menkes Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).


Terkait penyebaran kapsul evakuasi, Terawan mengaku taf hafal. Namun, lanjutnya, kapsul tersebut ditempatkan di daerah-daerah yang banyak dikunjungi warga negara China.

"Waduh kok yo kon aku ngapalke (wah kok kamu suruh saya hafalkan). Yang jelas semua pintu masuk kita berikan. Yang diprioritaskan daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya pendatang-pendatang dari Tiongkok," tuturnya.


Terawan mencontohkan daerah yang dinilai banyak dikunjungi warga China seperti Jakarta, Makassar dan Manado. Selanjutnya Terawan menuturkan RS Sulianti Saroso, RSPAD, RS Persahabatan sudah siap menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien suspek corona.

"(Ketiga rumah sakit itu) yang punya chamber tekanan negatif dan gedung-gedung untuk isolasi. Satu gedung bisa mengisolasi lebih dari 100-200 orang. Itu bisa kita lakukan tergantung kayak apa modelnya, bertahap apa mau langsung kita Kemenkes siap," kata Terawan.

Di Indonesia sendiri, diketahui baru RS Hasan Sadikin Bandung yang kedatangan dua pasien yang dicurigai terjangkit virus corona. Namun hingga saat ini belum ada hasil pemeriksaan media yang menunjukkan pasien tersebut positif terjangkit.

Simak Video "Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Isolasi Jika WNI di China Dievakuasi"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/aud)