WHO Nilai Indonesia Siap Hadapi Wabah Virus Corona

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 16:28 WIB
Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. Navaratnasamy Paranietharan
Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. Navaratnasamy Paranietharan (Foto: Yogi/detikcom)
Jakarta -

Badan organisasi kesehatan dunia, WHO, menilai Indonesia telah siap dalam menghadapi wabah virus Corona. WHO menganggap Indonesia memiliki sistem peringatan dan respons dini yang berfungsi dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr. Navaratnasamy Paranietharan di sela-sela acara peluncuran Keketuaan Indonesia di Foreign Policiy and Global Health (FPGH) 2020. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantin Diplomasi Kemlu, Jalan Pejabon, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

"Jika kita melihat Indonesia sejak 10 hari lalu, semua pintu masuk di sekitar 135 titik sudah ditempatkan pemindai suhu tubuh dan pemeriksaan terus berlanjut," sebut Paranietharan.

Alat pemindai suhu tersebut bukan hanya berada di kawasan bandara, namun juga terdapat di kawasan pelabuhan. Hal itu yang menurut Paranietharan Indonesia telah berada di jalur yang tepat dalam upaya kesiapan mencegah maupun menghadapi wabah virus Corona.

Paranietharan juga menyoroti kesiapan rumah sakit di Indonesia. Menurutnya, Indonesia telah memiliki ratusan rumah sakit dengan fasilitas lengkap yang bisa menjadi tempat rujukan pasien terduga virus Corona. Dia juga menyebutkan Kementerian Kesehatan telah memberikan imbauan yang tepat dalam menghadapi wabah virus Corona.

Simak Video "Korban Tewas Akibat Corona di China Melonjak Jadi 106 Orang"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2