Letkol HA Dihukum karena Penyalahgunaan Kekuasaan

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 10:32 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi (ari/detikcom)

Lama-kelamaan, perbuatan Letkol HA diketahui pimpinan. Letkol HA kemudian diproses dengan menggunakan hukum militer.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan kekuasaan. Memidana dengan pidana penjara selama 4 bulan dengan masa percobaan 6 bulan dengan perintah supata tidak usah dijalani kecuali di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain disebabkan karena terpidan melakukan tindak pidana atau melanggar Pasal 3 UU Hukum Disiplin Milter sebelum masa percobaan selama 6 bulan tersebut habis," demikian ujar majelis hakim.

Duduk sebagai ketua majelis Kolonel Chk Tama Ulinta dengan anggota Kolonel Faridah Faisal dan Kolonel Hari Aji Sugianto. Hal yang meringankan ialah Kolonel AH sudah dinonjobkan selama 3 tahun. Kolonel AH juga mendapatkan penghargaan dalam menangkal kapal nelayan asing di ZEE Natuna hingga dapat penghargaan dari Menteri Susi Pudjiastuti. Letkol HA juga ikut terlibat dalam pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501 di Selat Karimata.

"Terdakwa merasa ada kekuasaan pada diri dan berharap balas budi dari orang-orang tertentu yang telah ditempatkan dalam jabatannya. Sifat dari perbuatan terdakwa menunjukkan arogansi terdakwa sebagai seorang atasan sehingga bertindak yang tidak sesuai dengan norma aturan dalam kehidupan militer," ujar majelis.

Halaman

(asp/aan)