Round-Up

Data Rumah Sakit Indonesia yang Rawat Pasien Diduga Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 09:32 WIB
rshs preskon soal virus corona
Foto: Jajaran Rumah sakit Hasan Sadikin Bandung konferensi pers terkait pasien terduga corona (Mukhlis Dinillah)
Jakarta -

Virus corona terus menyebar ke berbagai penjuru dunia. Indonesia bukan termasuk negara yang terjangkit virus mematikan ini. Namun, sejumlah rumah sakit di Indonesia sudah merawat pasien yang diduga terjangkit corona.

Hingga saat ini tercatat virus corona atau 2019-nCoV sudah menyebar di 14 negara. Negara-negara tersebut yakni China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam. Indonesia termasuk yang beruntung, karena belum ada pasien positif corona.

Kendati demikian sejumlah rumah sakit sudah siap merawat para pasien yang diduga terjangkit virus corona. Pemerintah juga telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus ini dengan standar operasional yang benar.

"Yang penting adalah standar operasional prosedur yang ada, baik di pintu-pintu masuk negara kita dilakukan dengan benar. Yang kedua, semua rumah sakit yang sudah ditunjuk, ada 100 rumah sakit itu siap dengan SOP yang benar," kata Menteri Kesehatan Terawan usai rapat koordinasi terkait virus corona di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Soal pembiayaan pasien corona dan kaitannya dengan jaminan BPJS, Terawan mengaku tak ambil pusing soal itu. Baginya, yang terpenting saat ini adalah penyelamatan. "Saya ndak pikirkan itu. Administrasi tidak usah dipikir. Yang paling penting adalah kita menyelamatkan semuanya supaya jangan sampai menjadi wabah. Administrasi tidak ada lah ya. Nomor satu adalah kesiapsiagaan kita semua," ujarnya.

Berikut ini adalah daftar beberapa rumah sakit yang merawat pasien terduga corona:

Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2