Langkah SBY Ungkap Isu 2 Menteri Mau Dijatuhkan Via Jiwasraya Dipertanyakan

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 08:37 WIB
Rico Marbun
Pengamat Politik Rico Marbun (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait Pansus Jiwasraya untuk menjatuhkan dua menteri dinilai bernuansa politik. Pernyataan SBY tersebut juga disebut mengandung tujuan hukum.

"Kalau pansus itu kan kumpulan parpol berarti ada interest politik di belakangnya, masalah fakta itu sesuatu diperdebatkan. Jadi menurut saya yang perlu diperdebatkan lagi sebenernya ungkapan Pak SBY, menurut saya itu yang menjadi pertanyaan tujuannya satu di antara dua, apakah tujuannya memiliki tujuan politik atau murni hukum," kata Pengamat Politik Rico Marbun, saat dihubungi, Senin malam (27/1/2020).

Rico menyebut jika pernyataan SBY mengandung tujuan hukum, maka SBY melalui kuasa hukumnya bisa melaporkan soal menteri tersebut ke penegak hukum. Namun jika tidak ada langkah lanjutan dari pernyataan itu, maka sebutnya, SBY sedang melakukan manuver politik.

"Kalau tujuannya murni hukum itu artinya harusnya langkah selanjutnya dia ungkap fakta sejelas-jelasnya ke depan publik, karena dia bicara ke publik, jadi kalau ini masalah hukum dia buka sejelas-jelasnya di depan publik dua menteri itu siapa, yang membidik itu siapa, atau dilaporkan ke penegak hukum begitu. Kan bisa dia laporkan ke KPK, Kepolisian, atau Kejaksaan, terus dia konferensi pers ke depan publik, kalaupun bukan dia, kan pengacaranya kan," ucap Rico.

"Kalau langkah selanjutnya tidak sejelas yang saya katakan tadi itu berarti lebih ke manuver politik, itu agak sulit ditebak jadinya, tapi kalau kata kata seperti itu berarti dia arahkan partainya untuk menyelidiki 2 orang (menteri) itu ya, salah satunya begitu, kalau itu yang terjadi harus ditunggu, apa ujungnya politik murni, atau pansus ini bisa dijadikan tarik menarik kepentingan, bisa macam macam ini, agak sulit diprediksi sekarang," ucap Rico.

Lewat Medsos, SBY Ungkap Skandal Jiwasraya Bidik 2 Menteri:

Selanjutnya
Halaman
1 2