12 Mahasiswa Aceh di Wuhan, Wakil Ketua Komisi I Minta Kemlu Bantu Evakuasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 03:05 WIB
DOK. ISTIMEWA/ Mahasiswa asal Aceh di Wuhan China
Mahasiswa asal Aceh di Wuhan, China. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya meminta Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membantu proses evakuasi ratusan WNI, termasuk 12 mahasiswa Aceh, yang 'terjebak' di Wuhan, China. Dia meminta pemerintah memantau kesehatan ratusan WNI itu di Provinsi Hubei.

"Kami meminta Kemenlu dan KBRI terus berkomunikasi setiap hari untuk memastikan kondisi kesehatan, kebutuhan logistik, dan mengupayakan evakuasi 243 WNI di provinsi yang diisolasi, termasuk 12 Mahasiswa Aceh yang ada di Kota Wuhan," kata Riefky saat berkunjung ke kantor Kemlu RI, dalam keterangannya, Senin (27/1/2020).

Riefky mengunjungi Kemlu RI didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri. Kehadiran Riefky disambut Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dan Direktur Pelindungan WNI Luar Negeri Judha Nugraha.

 Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Teuku Riefky Harsya. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya (Foto: Dok. Istimewa)



Dalam pertemuan itu, lanjut dia, Komisi I DPR ingin memastikan keseriusan Pemerintah dalam menangani WN, termasuk mahasiswa asal Aceh, di Kota Wuhan, Hubei. Dalam pertemuan tersebut, Alhudri juga melaporkan langkah-langkah strategis yang telah dilakukan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam penyelamatan mahasiswa Aceh di Kota Wuhan.

Alhudri mengatakan Pemprov Aceh telah membuka posko penanganan virus Corona di dua tempat, yakni di Kantor Dinas Sosial Aceh dan Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta.

"Kami juga telah berkomunikasi dengan Kemlu dan perwakilan mahasiswa asal Aceh secara intensif serta telah mengirim bantuan dana tahap pertama untuk keperluan logistik mereka," kata Alhudri.



Sementara itu, Teuku Faizasyah, yang juga Plt Jubir Kemlu, mengatakan pemerintah terus memantau dan berkoordinasi dengan Pemerintah China dan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) terkait pemantauan kondisi WNI di China.

Direktur Perlindungan WNI Luar Negeri Kemlu RI, Judha Nugraha, juga turut menyampaikan apresiasi terhadap langkah yang telah dilakukan Pemerintah Aceh. Menurutnya, untuk mencegah terjangkitnya virus Corona, ketenangan psikologis juga sangat menentukan.

Kecemasan Orang Tua yang Anaknya Kuliah di Wuhan:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)