Doa Berlindung dari Fitnah dan Keburukan

Niken Widya Yunita - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 05:30 WIB
doa permudah urusan
Foto: istock/Doa Berlindung dari Fitnah dan Keburukan
Jakarta -

Fitnah adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang. Karena itu peribahasa ini benar adanya, fitnah lebih kejam dari pembunuhan.

Tujuan orang memfitnah antara lain untuk menimbulkan kekacauan, seperti mengusir orang lain dari kampung halaman, merampas harta, menyakiti orang lain, menghalangi dari jalan Allah, atau melakukan kemusyrikan.

Agar kita terhindar dari fitnah, kita dianjurkan untuk membaca doa berlindung dari fitnah dan keburukan. Berikut doa berlindung dari fitnah dan keburukan seperti dikutip dari buku 'Kumpulan Do'a dari Al-AQuran dan As-Sunnah yang Shahih' dari Pustaka Imam Asy-Syafi'i:

Doa Berlindung dari Fitnah dan KeburukanFoto: Foto repro: Kumpulan Do'a daru Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih

Doa Berlindung dari Fitnah dan KeburukanFoto: Foto repro: Kumpulan Do'a daru Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih


Allaahumma innii a'uudzubika minfitnatinnaari wa a'dzaabinnaar. Wafitnatilqabri waadzaabil qobri. Allahumma innii a'uuzubika min syarri fitnatilmasiihiddajjaal. Allahummaghsil qolbii bimaaitslji wal barod. Wa naqqiqolbii minal khothooyaa. Kamaa naqqoitatsaubalabyadho minaddanasi. Wa baa 'idbaitanii wa baina khothooyaaya kamaa baa 'adta bainalmasyriqi wal maghribi. Allaahumma innii a'udzubika minal kaisal wal maaktsami wal maghrom.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daru fitnah dan adzab neraka, fitnah dan adzab kubur, keburukan fitnah, kekayaan dan keburukan fitnah kefakiran. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan fitnah Dajjal. Ya Allah bersihkanlah hatiku dengan salju dan air es, serta sucikanlah hatiku dari tiap kesalahan sebagaimana Engkau menyucikan pakaian putih dari kotoran. Dan jauhkanlah antara diriku kesalahan-kesalahanku itu sebagaimana Engkau menjauhkan timur dan barat. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, perbuatan dosa, dan utang. (HR Al Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Daud, dan Tarmidzi).

Demikianlah doa berlindung dari fitnah. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT.

(nwy/erd)