Fakta Virus Corona di Indonesia, Belum Ada Warga yang Positif Terkena

Niken Widya Yunita - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 16:19 WIB
ruang isolasi rspi sulianti saroso virus corona
Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth/Fakta Virus Corona di Indonesia, Belum Ada Warga yang Positif Terkena
Jakarta -

Indonesia bukan negara yang terjangkit virus corona. Memang ada sejumlah warga asing yang awalnya diduga terkena virus corona masuk ke Indonesia. Namun setelah dilakukan tes medis hasilnya negatif.

Hingga saat ini tercatat virus corona menyebar di 13 negara. Negara-negara tersebut yakni China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Berikut serba-serbi Virus Corona di Indonesia:


1. Di Bali

3 Orang warga negara asing (WNA) dirawat di RSUP Sanglah Bali. Namun 3 WNA yang menjadi suspect virus corona di Bali dinyatakan negatif tidak terinfeksi. 3 WNA itu yakni turis dewasa asal Meksiko yang sebelumnya pergi ke Wuhan, lalu mengalami gejala pneumonia. Sedangkan 2 WNA lainnya, adalah pasien anak-anak yang berasal dari China dan mengalami pneumonia lalu diisolasi. Ketiganya dipastikan negatif dari virus Corona dan kini dipulangkan.

2. Di Manado

Tujuh penumpang pesawat Lion Air JT 2742 rute Changsha-Manado sempat dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ketujuh penumpang diperiksa karena diduga terjangkit virus corona. Namun akhirnya mereka diperbolehkan pulang karena negatif.

Ada juga seorang penerjemah turis China diisolasi di RS Kandouw Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Dia ikut penerbangan dengan rute Guangzhou-Manado dengan maskapai Lion Air. Namun penerjemah itu negatif Virus Corona.

3. Di Bandung

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengisolasi dua pasien dicurigai mengalami gejala virus corona. Pasien WN China HG (35) merupakan rujukan dari RS Cahya Kawaluyaan yang datang pada Minggu (26/1) dan HA (24) warga Dago, dirujuk dari RS Borromeus pada Rabu (22/1).

Pasien HG baru kembali liburan dari China, Xinhua sekitar 1.300 kilometer jaraknya dari Wuhan. Sementara HA, yang merupakan WNI, baru pulang dari Singapura pada 22 Januari lalu.

HG juga merupakan pekerja PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC). "Terkait tenaga kerja kami yang di rumah sakit Hasan Sadikin, itu pekerja kami," ucap Humas PT KCIC Denny Yusdiana kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Dirut RSHS Bandung Nina Susana Dewi menegaskan kedua pasien belum suspect virus corona. Pihaknya masih melakukan observasi mendalam termasuk mengirimkan sampel kedua pasien ke Litbangkes Kemenkes RI.

Simak Video "Diduga Terjangkit Virus Corona, RSUD Jambi Isolasi Seorang Warga"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2