RS di Palembang Siapkan 2 Ruang Isolasi Khusus Pasien Suspek Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 15:57 WIB
Rumah Sakit Palembang Siapkan 2 Ruang Isolasi Khusus Virus Corona
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang -

Rumah Sakit Muhammad Husein (RSMH) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), telah menyiapkan dua ruang isolasi khusus untuk menangani pasien yang terjangkit virus Corona. RSMH juga telah menyiapkan tim khusus yang terdiri atas 30 orang tenaga medis.

"Untuk mengantisipasi virus Corona, kami telah siapkan dua ruang isolasi khusus di RSMH. Ada 30 tim, lengkap sama dokter," terang Direktur Utama RSHM Palembang M Syahril kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Senin (27/1/2020).

Selain RSHM, kata Syahril, semua rumah sakit di Sumsel telah siaga. Semua dokter dan tim akan menjalankan tugas sesuai dengan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP).

"Penanganan serupa dengan kasus SARS atau kasus lainnya. Semua kami tangani sesuai SOP, terutama pada kasus Corona ini," katanya.

Selain ruangan dan tim medis khusus, imbuh Syahril, pihaknya juga menyiapkan peralatan khusus seperti negative presure (tekanan negatif) dan peralatan lain. Para petugas bahkan telah dilengkapi pakaian safety agar tak tertular.

"Ada dua ruang isolasi, SDM juga lengkap, tim khusus itu dilengkapi dengan standar khusus. Indikator terjangkit virus itu ialah pulang dari luar negeri, terutama yang dari Wuhan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2