Perjalanan Kasus Penipuan Dirut Baru TransJakarta Donny Andy Saragih

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 13:51 WIB
Foto: Donny Andy Saragih, Dirut baru TransJakarta (Dok. TransJakarta)
Jakarta -

Donny Andy S Saragih baru saja ditunjuk sebagai Direktur Utama TransJakarta. Namun, rekam jejak Donny dipermasalahkan karena statusnya sebagai terpidana kasus penipuan. Berikut ini perjalanan kasus Donny.

Dilihat detikcom, kasus Donny tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst, kasus penipuan yang dilakukan oleh Donny ini bermula pada 6 Oktober 2017. Donny tidak sendirian, dia bekerjasama dengan Orman Tambunan alias Andi untuk menjalankan aksi penipuan ini terhadap Dirut PT Lorena Transport Gusti Terkelin.

Ketika itu, Donny berperan sebagai orang yang berpura-pura sebagai pihak dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Skenarionya, Donny mengancam akan membeberkan kesalahan dan rahasia PT Lorena. Sedangkan Andi sebagai karyawan Lorena yang akan membujuk Gusti. Donny menawarkan kesepakatan, tidak akan membuka kesalahan PT Lorena dengan imbalan uang senilai USD 250.000.


Andi menunjukkan SMS dari Donny yang sedang berpura-pura menjadi orang OJK kepada Gusti. Andi lantas menyarankan kepada Gusti agar menuruti kemauan Donny agar membayarkan uang. Semata-mata agar rahasia Lorena tak dibongkar.

Gusti kemudian menyerahkan uang tersebut kepada Donny melalui Andi secara berturut-turut, untuk diberikan kepada orang OJK tersebut. Yakni pada 6 Oktober 2017 sebesar USD 100.000, 13 Oktober sebesar USD 60.000 dan 20 Oktober sebesar USD 10.000. Donny dan Andi lantas memberitahu Gusti bahwa uang tersebut telah diberikan kepada orang OJK.

Simak Video "Anies Ingin Integrasikan KRL-TransJ di Kebayoran"

[Gambas:Video 20detik]



selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3