Virus Corona Terdeteksi di Malaysia, Masjid Diminta Lakukan Sholat Hajat

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 12:42 WIB
Virus Corona Terdeteksi di Malaysia, Masjid Diserukan Sholat Hajat (Foto: iStock)
Jakarta -

Malaysia telah mendeteksi empat kasus corona virus atau virus corona pada warga China yang berlibur di wilayahnya. Menghadapi kasus tersebut, pemerintah Malaysia memperkuat usaha pencegahan masuknya virus dan penanganan sedini mungkin.

Selain itu sejumlah masjid diserukan untuk melakukan Sholat Hajat. Seperti yang sudah dilakukan umat Islam di masjid di Johor dan Trengganu. Ibadah dilakukan untuk mengharapkan perlindungan dari Allah SWT dari serangan virus 2019-nCoV, yang awalnya ditemukan di Wuhan, China.

Dikutip dari Bernama, sebanyak 913 masjid di Johor telah mendapat instruksi untuk melakukan Sholat Hajat pada Jumat (31/1/2019) waktu setempat. Sebelumnya, Sholat Hajat sempat dilakukan pada Jumat (17/1/2019) waktu setempat usai Sholat Jumat.

"Masyarakat juga disarankan berdoa pada Allah SWT mohon perlindungan dari segala epidemi dan kasus infeksi, misal flu dan virus corona. Jika memungkinkan, doa tersebut bisa diulang tiga kali usai Sholat Maghrib," kata direktur Johor Islamic Religious Department (JAINJ), Malaysia, Datuk Md Rofiki Shamsudin.

Sementara itu di Trengganu, penyelenggaraan Sholat Hajat untuk tujuan serupa akan dilakukan di masjid setempat usai Sholat Maghrib hari ini, Senin (27/1/2019). Menteri Besar Trengganu, Malaysia, Datuk Seri Dr Ahmad Samsuri Mokhtar juga menyarankan warga melakukan upaya pencegahan dan bertindak waspada. Usaha pencegahan meliputi menjaga kebersihan dan menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus corona.

"Semoga Allah SWT melindungi kita semua," kata Dr Ahmad.

Terkait kasus virus corona atau corona virus, Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail mengadakan pertemuan dengan pejabat terkait yang membahas penyakit tersebut. Pertemuan tersebut dihadiri Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Dzulkefly Ahmad, Menteri Komunikasi dan Multimedia Gobind Singh Deo, Menteri Luar Negeri Datuk Saifuddin Abdullah.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Inspektur Jenderal Polisi Malaysia Tan Sri Abdul Hamid Bador, Kepala Angkatan Pertahanan Gen Tan Sri Affendi Buang, Direktur Jenderal Imigrasi Datuk Khairul Dzaimee Daud dan Direktur Jenderal Kesehatan Datuk Dr. Noor Hisham Abdullah.

Sebelumnya diberitakan, virus corona adalah kelompok besar virus yang umum ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus tidak hanya menyebar antar hewan. Artinya, virus corona atau corona virus bisa menyebar dari hewan ke manusia.

Sejumlah masjid di Malaysia sudah diserukan menggelar Sholat Hajat memohon perlindungan dari Allah SWT dari wabah virus corona.

Simak Video "Siaga Corona, Kedatangan Turis China di Padang Bikin Heboh"

[Gambas:Video 20detik]

(row/erd)