PAN-PKS-PPP Bikin Koalisi 5-3-1 Hadapi Pilkada Kukar

Ferdinan, Yovanda - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 12:07 WIB
Foto: Zaki Alfarabi
Kukar -

Tiga parpol yakni PAN, PKS dan PPP membentuk koalisi 5-3-1 untuk menghadapi Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Satu nama sudah muncul sebagai bakal calon bupati yakni Darlis Pattalongi.

"Koalisi 5-3-1 hadir karena kesamaan visi dan ideologi antara PAN, PKS, PPP," ujar Ketua DPD PAN Kukar, Supriyadi, saat dihubungi, Senin (27/1/2020).

Koalisi 5-3-1 ini didasari dari jumlah kursi parpol koalisi. Di DPRD Kukar, PAN memiliki 5 kursi, PKS (3 kursi) dan PPP dengan 1 kursi. Syarat mengajukan pasangan calon bupati-wakil bupati Kukar yakni minimal 9 kursi DPRD.

"Perahu disiapkan untuk kandidat terbaik yang diuji melalui survei," sambung Supriyadi.

PAN ditegaskan Supriyadi mengusung Darlis Pattalongi. Darlis yang juga ketua DPW PAN Kaltim menurut Supriyadi sudah mendapat restu DPP PAN untuk maju di Pilkada Kukar. Tapi peluang untuk mengusung nama lain tetap terbuka selama penjajakan koalisi Pilkada Kukar.

"Kita fleksibel, nggak kaku. Semua kandidat semua boleh merapat ke 5-3-1. Syukur-syukur ada yang digandeng dari 5-3-1. Untuk Pak Darlis surat tugas diberikan sebagai lampu hijau untuk berpasangan dengan siapa pun bisa jadi nomor 1 (calon bupati) atau 2 (calon wabup)," papar Supriyadi.

Simak Video "Papua Jadi Daerah Rawan di Pilkada, Mendagri: Ada Potensi Konflik"

[Gambas:Video 20detik]

(tor/fdn)