Masih Ada Pesawat Berangkat dari Denpasar-Wuhan, Ini Penjelasan Lion Air

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 22:54 WIB
Ilustrasi Foto: (dok Lion Air)
Jakarta -

Lion Air menjelaskan perihal masih adanya layanan penerbangan dari Denpasar ke Wuhan, China yang beroperasi menyusul adanya larangan terbang dari dan ke wilayah tersebut akibat virus corona. Lion Air menegaskan penerbangan itu sudah sesuai aturan yang berlaku.

"Penerbangan internasional dari Denpasar melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) tujuan Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH), sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dijalankan menurut aturan yang berlaku," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/1/2020).

Danang menjelaskan penerbangan itu hanya bertujuan untuk memulangkan penumpang ke Wuhan. Sedangkan penerbangan ke Denpasar dari Wuhan tidak membawa penumpang.

"Hari ini operasional penerbangan Lion Air rute Denpasar ke Wuhan bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. Penerbangan ini membawa tujuh kru dan 81 penumpang. Penerbangan Wuhan-Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang," ungkapnya.

"Sesuai dengan pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan, bahwa status bandar udara saat ini hanya diperbolehkan melayani kedatangan (arrival), untuk keberangkatan (departure) tidak membawa penumpang serta sebagai alternatif pendaratan kondisi darurat (emergency landing)," lanjut Danang.

Selanjutnya
Halaman
1 2