Mati Mesin, Kapal Nelayan di Balikpapan Ditabrak Kapal Feri

Suriyatman - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 17:33 WIB
Ilustrasi Kapal Tenggelam (Dok. detikcom)
Balikpapan -

Kapal klotok yang dikemudikan Asnawi alias Awi, warga Balikpapan, Kalimantan Timur, hancur dan tenggelam di perairan Kampung Baru. Ini setelah kapal nelayan tersebut mati mesin dan ditabrak kapal feri.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/1/2020). KMP Laskar pelangi tujuan Mamuju-Balikpapan yang saat itu baru tiba dan akan bersandar di pelabuhan Ferry Balikpapan di Kariangau, menabrak kapal nelayan.

"Hasil pengecekan diketahui bahwa kapal nelayan yang dikemudikan Awi tiba-tiba mengalami mati mesin saat mencoba memotong alur lalu lintas kapal KM Laskar pelangi, namun ternyata mesin dompeng yang digunakannya tiba-tiba mati. Karena matinya tiba-tiba membuat KMP Laskar Pelangi tidak bisa menghindari tabrakan dengan kapal nelayan meski KMP laskar pelangi sudah melakukan pengereman dengan cara mencoba memundurkan kapal," kata Kepala Operasi Sar Balikpapan Oktavianto.

Tabrakan tidak bisa dihindari meski nakhoda KMP Laskar Pelangi mencoba memundurkan kapal, apalagi saat itu arus sangat deras.

"Setelah terjadi tabrakan dan menyebabkan kapal nelayan itu tenggelam, anak buah kapal KMP Laskar Pelangi langsung melakukan evakuasi terhadap pengemudi kapal nelayan dan langsung dibawa ke pelabuhan Kariangau Balikpapan untuk mendapatkan perawatan," kata Oktavianto.

"Saat itu si nelayan langsung berupaya menghidupkan kembali kapalnya. Namun belum sempat hidup KMP Laskar Pelangi yang saat itu sudah di jalur tidak dapat menghentikan laju kapalnya, meski telah berupaya melakukan pengereman dengan cara memundurkan kapal yang syarat dengan penumpang asal Mamuju Sulawesi Selatan itu," kata Okta.

Okta mengatakan Hadi Purnomo si nakhoda KMP Laskar pelangi dan nelayan sedang melakukan pertemuan tertutup untuk menyelesaikan masalah ini.

(gbr/gbr)