Arahan KBRI Beijing Kepada WNI di Wuhan soal Virus Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 13:20 WIB
Penanganan pasien virus Corona. (Xiong Qi/Xinhua via AP)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona di berbagai penjuru dunia makin mengkhawatirkan. Indonesia termasuk salah satu negara yang masih selamat dari teror virus mematikan ini.

Seperti yang dilansir dari Associated Press (AP), Minggu (26/1/2020) virus yang bermula dari Wuhan, China, ini terus menebarkan terornya. Data terbaru total korban meninggal dunia mencapai 56 orang. Pemerintah China menyebut situasi ini begitu genting dan membatasi semua perjalanan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing terus memantau perkembangan dari kasus virus Corona. Mereka terus memantau informasi terkait penelitian dan pengawasan ketat pada kasus ini.

"Sebagaimana diketahui, bahwa akhir-akhir ini di Wuhan, Provinsi Hubei, telah terjadi kasus penyakit pneumonia (radang paru-paru) berat yang belum diketahui penyebabnya. Komite Kesehatan Kota Wuhan saat ini terus melakukan penelitian dan pengawasan ketat terhadap berjangkitnya penyakit pneumonia tersebut, dan telah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit," tulis KBRI Beijing dalam keterangan resminya yang terlampir di laman resmi Kemlu, Rabu (22/1/2020).

KBRI Beijing juga memastikan hingga saat ini belum ada WNI yang terjangkit penyakit ini. Kendati demikian, KBRI Beijing memberikan arahan khusus terhadap WNI di Wuhan, China agar terhindar dari teror virus ini. Berikut ini arahannya:

1. Bagi seluruh masyarakat yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernafas.
2. Menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, dan menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang;
3. Menghindari berkunjung ke pasar Ikan / makanan laut atau tempat penjualan hewan hidup;
4. Menghindari untuk berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama dengan pneumonia;
5. Selalu menjaga higienitas seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.

Simak Video "Peta Online untuk Pantau Persebaran Virus Corona"



Selanjutnya
Halaman
1 2