BPPT Jelaskan Cara Kerja Teknologi Modifikasi Cuaca untuk Cegah Banjir

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 17:54 WIB
Foto: Agus Dwi Nugroho/20detik
Jakarta -

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) turut berperan dalam meminimalkan terjadinya banjir di Jabodetabek, yakni lewat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Lalu, bagaimana cara kerja TMC?

Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC di dunia digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menambah curah hujan, meningkatkan hujan salju, mengurangi hujan es, dan mengurangi kabut. Namun, di Indonesia, TMC biasanya digunakan untuk mengisi waduk, membasahi lahan gambut, memadamkan karhutla, atau mengurangi curah hujan penyebab banjir.

"Dalam hal mengurangi penyebab banjir Jabodetabek dan sekitarnya seperti yang dilakukan sekarang ini, TMC dilakukan dengan menyemai awan-awan yang diprediksi oleh BMKG yang tergabung Tim TMC akan memasuki wilayah Jabodetabek dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir," ujar Kepala Balai Besar TMC BPPT Tri Handoko Seto kepada wartawan, Sabtu (25/1/2020).



Tri menjelaskan cara kerja mengurangi intensitas hujan itu adalah menyemai atau menanam awan buatan. Awan buatan ini nantinya akan menghasilkan hujan di atas laut menahan masuk ke Jabodetabek. Kemudian, hujan akan kembali diturunkan ke beberapa titik yang masih membutuhkan.

"Awan-awan tersebut biasanya tumbuh di atas Lampung, Selat Sunda, dan Laut Jawa, lalu tumbuh sambil bergerak menuju Jabodetabek. Awan-awan ini kita semai agar bisa jadi hujan lebih awal di atas laut sebelum memasuki Jabodetabek."


"Untuk awan-awan yang sudah matang, hujan bisa segera terjadi 10 menit setelah penyemaian. Namun, bisa juga jadi hujan 20 menit, 30 menit, bahkan 1-2 jam setelah penyemaian. Umur awan dan arah serta kecepatan angin kita hitung agar awan bisa jatuh di atas laut," jelasnya.

"Pada kondisi tertentu, jika memungkinkan, awan juga diupayakan jatuh menjadi hujan di wilayah yang masih membutuhkan air hujan misalnya waduk. Namun ini sangat jarang terjadi kecuali memang arah dan kecepatan anginnya memungkinkan untuk itu," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2