Dubes Turki soal Gempa di Sivrice Turki: 3 WNI di Elazig Selamat

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 14:31 WIB
Foto Lalu M Iqbal: dok. PWNI dan BHI Kemlu
Jakarta -

Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Turki bagian timur di Kota Sivrice di tepi danau provinsi timur Elazig. Akibatnya sejumlah bangunan di Elazig runtuh.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal memastikan hingga saat ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban tewas akibat gempa di Kota Sivrice ini. Tiga WNI yang diketahui tinggal di Elazig selamat.

"Melalui anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada sekitar area gempa di Elazig diketahui terdapat 3 WNI (1 mahasiswa dan 2 WNI menikah dengan warga setempat) di Elazig. KBRI telah berhasil kontak dengan salah satu dari mereka dan memperoleh informasi bahwa ketiganya dalam kondisi selamat," ujar Lalu kepada detikcom, Sabtu (25/1/2020).



Lalu mengatakan hingga saat ini KBRI Ankara terus berkoordinasi dengan otoritas Turki. Sebab, ada sekitar 3.300 WNI sat ini berada di Turki yang sebagian besar merupakan pelajar hingga spa therapist pariwisata Turki.

"KBRI Ankara terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas terkait setempat," tegasnya.


Diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Turki bagian timur di wilayah Elazig, wilayah Timur Turki dekat perbatasan dgn Armenia, Irak, Suriah dan Iran. Getaran berlangsung sekitar 15 detik dan menghancurkan sebagian gedung di sekitar epicentrum.

Menurut keterangan resmi otoritas bencana Turki (AFAD), sejauh ini sekitar 553 korban luka dan 18 orang meninggal dunia. Hingga saat ini otoritas Turki masih melakukan penanganan.

Tonton juga Menlu Retno: WNI di China Tidak Terjangkit Virus Corona :

[Gambas:Video 20detik]

(zap/hri)