Buka-bukaan Hasto soal Kasus Wahyu Setiawan-Harun Masiku

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 09:10 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto diperiksa selama lima jam sebagai saksi oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasto menyampaikan keterangan soal kasus suap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan seputar buronan KPK Harun Masiku.

Hasto diperiksa KPK pada Jumat 24 Januari 2020. Hasto mengaku siap memberikan penjelasan yang diperlukan kepada penyidik KPK.

"Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marwah KPK memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi. Terhadap dugaan apa yang terjadi kepada mantan komisioner KPU saudara Wahyu (Setiawan)," tutur Hasto.



Pemeriksaan Hasto pun berjalan. Hasto mengaku menjawab sekitar 24 pertanyaan dari penyidik. Dia tidak bicara banyak mengenai materi pemeriksaan yang ditujukan kepadanya itu. Namun, Hasto mengaku menjelaskan soal proses pergantian antar-waktu (PAW) yang menjadi pokok perkara serta alasan PDIP mengajukan Harun sebagai PAW dari Nazarudin Kiemas, yang meninggal dunia.


Sementara KPK mengaku meminta konfirmasi Hasto perihal sumber dana yang didapat Wahyu Setiawan. "Ya tentunya seluruh fakta yang ada dari hasil penyelidikan dikonfirmasi kepada para saksi karena bersumber dari BAPK, berita acara permintaan keterangan, yang itu kemudian bagian dari fakta sementara," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.



Tonton juga KPK Bantah Narasi Hasto yang Sebut Harun Masiku Sebagai Korban! :

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4