Round-Up

Menanti Cerita yang Sebenarnya soal Sempat Hilangnya Harun Masiku

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 07:16 WIB
ICW dan sejumlah LSM melaporkan Menkumham Yasonna Laoly ke KPK. Yasonna diduga merintangi penyidikan kasus Harun Masiku. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Keberadaan tersangka eks Kader PDIP Harun Masiku masih simpang siur. Mulanya, sejumlah pihak menyakini Harun Masiku masih berada di luar negeri. Kini Harun disebut sudah berada di RI.

Harun saat ini berstatus buron KPK berkaitan dengan kasus suap dalam pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR dari PDIP. Harun disangkakan memberikan suap kepada Wahyu Setiawan saat aktif sebagai Komisioner KPU.

Wahyu dijerat dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada 8 Januari 2020 atau sehari setelah Harun tiba di Jakarta. Namun Ditjen Imigrasi semula pernah mencatat Harun belum kembali ke Indonesia sejak pergi ke Singapura pada 6 Januari 2020.

Kemudian, Ditjen Imigrasi mengakui Harun sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020 atau sehari sebelum OTT KPK. Mereka mengaku persoalan pada perangkat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta sehingga sebelumnya tidak diketahui kedatangan Harun itu.

KPK pun meyakini keterangan dari Ditjen Imigrasi itu. Namun istri tersangka KPK itu, Hilda, sempat memberikan keterangan berbeda.

"Tanggal 6 Januari ke Singapura, dia sempat kirim kabar. Kalau tanggal 7 Januari dia sudah balik Jakarta. Dia sempat kasih kabar jam 12 malam, katanya sudah tiba di Jakarta. Itu terakhir komunikasinya," ujar Hilda saat ditemui di kediamannya di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (21/1) kemarin.

Selepas itu, Hilda mengaku putus kontak dengan Harun. Dia sempat menghubungi nomor telepon Harun tetapi tidak aktif.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3