Nadiem Minta Kampus Beri Hak Mahasiswa Magang 3 Semester

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 20:30 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Rahel/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan memberikan hak bagi mahasiswa untuk belajar 3 semester di luar program studi. Kuliah di luar prodi ini bisa berupa magang, penelitian hingga melakukan pertukaran pelajar.

"Sekarang kita kebagian favorit saya dan menurut saya ini dari semua kebijakan, yang paling penting karena dampaknya bagi negara kita. Saya rasa dampaknya bisa terasa secara cepat ril dan secara masif. Ini adalah hak belajar 3 semester belajar di luar studi. Ini adalah hak mahasiswa," kata Nadiem, di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Nadiem menegaskan kebijakan tersebut merupakan pilihan untuk mahasiswa. Namun, dia mewajibkan perguruan tinggi untuk memberikan opsi kebijakan 3 semester belajar di luar prodi kepada mahasiswa.

"Saya harus tekankan ini bukan pemaksaan. Kalau mahasiswa itu ingin 100 persen di dalam prodi itu, ini adalah hak mereka. ini adalah opsinya untuk mahasiswa. Tapi ini suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk memberikan opsi tersebut," ucap Nadiem.

5 Profesi Paling Diburu Versi Nadiem Makarim:

Selanjutnya
Halaman
1 2