Deretan Perayaan Imlek di Indonesia, Unik dan Meriah!

Tasya Awlia - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 20:16 WIB
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom/Deretan Perayaan Imlek di Indonesia, Unik dan Meriah!
Jakarta -

Tahun baru Imlek 2020 di Indonesia jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020. Etnis Tionghoa mempunyai cara tersendiri untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan cara yang khas.

Tak hanya China yang yang menunggu perayaan ini, masyarakat di Indonesia pun sangat menunggu momen sakral ini. Perayaan Imlek dilakukan dengan menyediakan berbagai makanan dan menyediakan pernak-pernik. Bagaimana dengan perayaan yang ada di berbagai wilayah Indonesia?

Berikut Deretan Perayaan Imlek di Indonesia:

1. Kuliner Khas China dan Wishing Tree

Pemprov DKI Jakarta hadirkan kuliner khas China dan wishing tree dalam perayaan tahun baru Imlek 2571, dan bekerja sama dengan komunitas untuk memeriahkan perayaan Imlek. Perayaan ini merupakan hasil dari akulturasi kebudayaan yang masuk ke Jakarta, warga Jakarta dapat menikmati festival makanan khas Cina yang berlangsung di Thamrin 10. Rangkaian acara akan dimulai sejak 15 Januari hingga 9 Februari 2020, dan pada 24 Januari akan ada lampion kolaborasi dan Wishing Tree.

2. 2000 Lampion di Palembang

Persiapan dalam menyambut perayaan Imlek di Palemang, Sumatera Selatan mulai terasa dengan adanya beragam pernak-pernik berwarna merah khas terlihat menghiasi Klenteng bersejarah, Dewi Kwan Im. Bahkan ada sekitar 2 ribuan lampion dipasang mulai dari dalam klenteng sampai area parkir dan dermaga di kawasan 10 Ulu. Jembatan ampera yang berdiri di sebelah kiri Klenteng akan terlihat jelas dengan warna cat merah menyala, untuk ribuan lampion warna merah akan menyala pada malam puncak perayaan Imlek 24-25 Januari.

3. Kelenteng di Ciamis Bernuansa Merah

Kelenteng Hok Tek Bio yang berlokasi di Jalan Ampera II, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bersolek jelang perayaan Imlek. Klenteng ini dibersihkan hingga menciptakan suasana merah yang hanya satu-satunya di Ciamis, Banjar, Pangandaran. Di Kelenteng Hok Tek Bio juga ada tradisi penggantian lampion yang biasa digantung di atap dan memasang lilin ukuran besar dari 1 meter hingga 2 meter. Ratusan lampion tersebut telah dilengkapi doa dan harapan supaya menerangi kehidupan, kelancaran, dan kesuksesan di tahun mendatang.

4. Semarang Gelar Kirab dan Festival Kuliner

Pada perayaan Imlek tahun ini, Kota Semarang akan melaksanakan 2 kegiatan yaitu Kirab Kebangsaan Merah Putih dan Launching Festival Kuliner Depok. Akan ada 66 tenda makanan dan 9 foodtruck yang akan menjajakan kuliner, Launcing Festival kuliner ini sekaligus menandai diresmikannya Jalan Depok menjadi pusat kuliner baru di Kota Semarang.

5. Sembahyang di Klenteng Po Hwa Kong

Di Lombok ada Klenteng Po Hwa Kong yang usianya cukup tua, didirikan pada 1840. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 180, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Saat Imlek banyak warga yang sembahyang atau berdoa memohon berkat di Klenteng tua ini.

Tonton Blak-blakan Harjanto Halim: Menjadi Indonesia Itu Tidak Sulit:

Selanjutnya
Halaman
1 2