Max Born, Ahli Mekanika Kuantum yang Berasal dari Jerman

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 18:56 WIB
Max Born. Foto: Istimewa
Jakarta -

Lahir di Jerman, Max Born dikenal sebagai fisikawan yang ahli dalam mekanika kuantum. Ini profil dari Max Born.

Max Born lahir di Jerman pada 11 Desember 1882. Ia dikenal sebagai fisikawan dan ahli matematika yang pernah meraih hadiah Nobel. Pada tahun 1954, Born menemukan sebuah teori yang berhubungan dalam bidang mekanika kuantum.

Berikut beberapa hal seputar Max Born dan kontribusinya dalam ilmu fisika:

1. Penemu Teori 'Born Rule'

Teori Born Rule menggunakan probabilitas untuk memprediksi lokasi partikel dalam sistem kuantum. Hal ini sangat penting untuk memahami dan menggunakan mekanika kuantum, prinsip-prinsip yang mengatur fisika pada skala subatomik. Born mengandalkan fisika kuantum untuk segala hal, mulai dari ketepatan waktu hingga enkripsi yang lebih baik.

2. Ahli Mekanika Kuantum

Mekanika kuantum merupakan salah satu bahasan dalam ilmu fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Mekanika kuantum ini mendorong penemuan penting seperti komputer pribadi, laser dan perangkat pencitraan medis (MRI). Hingga kini fisika kuantum telah mengubah peta perkembangan teknologi.

3. Jejak Karier

Max Born meraih gelar PhD dari Universitas Gottingen di Jerman. Di kampus inilah Born menghabiskan waktunya untuk mendapatkan gelar profesor fisika teoritis. Pada tahun 1921-1933, Max Born dan rekannya James Franck bekerja di Universitas Gottingen, tempat mereka melakukan penelitian teori kuantum.

Di tahun 1914, Born menerima gelar profesor agung dalam hal teori fisika dari Universitas Berlin.

4. Penghargaan

Max Born banyak mendapatkan penghargaan terkait ilmu fisika yang ia tekuni. Salah satunya adalah Stokes Medal of Cambridge di tahun 1934, Fellow of the Royal Society tahun 1939, Max Planck Medaille 8 dan Deutschen Physikalischen Gesellschaft tahun 1948.

Tahun 1972, Max Born mendapatkan penghargaan yang diberi nama Max Born Prize oleh German Physical Society dan British Institute of Physics.

5. Meninggal Dunia

Google pernah mengenang Max Born dengan mengabadikannya dalam Google Doodle. Max Born meninggal dunia pada 5 Januari tahun 1970.

(lus/erd)