Vihara Petak Sembilan Jakbar Bersolek Jelang Imlek

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 17:48 WIB
Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, bersiap diri menjelang Imlek. Sejumlah persiapan dilakukan untuk acara sembahyang besok.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (24/1/2020) pukul 17.07 WIB, di bagian luar Vihara tampak dipenuhi pengemis yang duduk berjajar. Sebagian pengemis juga tampak berbaris untuk antre nasi bungkus yang diberikan oleh petugas Satpol PP.

Nasi bungkus itu disebut disediakan oleh warga sekitar Vihara. Beberapa personel pengamanan tampak berjaga di sekitar pintu dan bagian dalam Vihara.

Beralih ke bagian dalam Vihara, tampak beberapa pengurus Vihara yang tengah menata lilin untuk sembahyang. Pengurus Vihara juga mempersiapkan kursi dan sound system untuk acara sembahyang esok hari.

Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta BaratVihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat (Dwi Andayani/detikcom)

Terlihat pintu bagian dalam Vihara belum dibuka. Namun beberapa warga terlihat mulai melakukan ibadah.

Kanit Intel Polsek Metro Taman Sari Kompol Suratman menyebut pihaknya beserta Tim Jibom sebelumnya melakukan sterilisasi di Vihara. Disebutkan, berdasarkan hasil sterilisasi, lokasi Vihara dinyatakan clear atau tidak ada temuan mencurigakan.

"Kami menerima sterilisasi Jibom, dengan alat detector, alat responsif, ketika mendeteksi alat peledak dan benda lain. Hasil dari sterilisasi oleh rekan Gegana nihil hingga saat ini. Alhamdulillah dinyatakan clear atau tidak ada temuan," tutur Suratman.

Tonton Blak-blakan Harjanto Halim: Menjadi Indonesia Itu Tidak Sulit:

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/azr)