500 Personel Polri Siap Amankan Perayaan Imlek di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 17:22 WIB
Foto: 500 polisi disiagakan menjaga Imlek di Makassar (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar -

Sebanyak 500 personel polisi diterjunkan dalam pengamanan imlek di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ratusan personel tersebut disiagakan lewat apel pasukan di Mapolrestabes Makassar.

Pantauan detikcom Jumat (24/1/2020) pukul 16.37 Wita, personel mengikuti apel di Mapolrestabes Makassar, Jl Ahmad Yani. Apel pasukan dipimpin Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim yang didampingi Wakapolrestabes Makassar AKBP Asep Marsel Suherman.


"Kita semuanya ada sekitar 500 personel. Polrestabes 264 personel, Polres Pelabuhan 114 personel, dan 1 SSK Brimob bersenjata lengkap," ujar Wakapolrestabes Makassar AKBP Asep Marsel Suherman kepada wartawan pasca-apel.

"Yang Brimob ini dilengkapi dengan Tim Jibom (penjinak bom) dan Satuan Wanteror Brimob, itu mereka di luar dari yang 1 SSK tadi," sambung Asep.

Foto: 500 polisi disiagakan menjaga Imlek di Makassar (Hermawan Mappiwali/detikcom)


Asep mengatakan pihaknya bakal melakukan pola pengamanan berlapis. Ada 16 tempat ibadah saat Imlek yang menjadi perhatian pengamanan polisi di Makassar.


"Jadi wilayah Polres Pelabuhan 4 tempat ibadah, Polrestabes 12, total 16 tempat ibadah (Klenteng-Vihara) yang kita amankan. Semuanya kita fokuskan," ujar Asep.

"Intinya kita siap mengantisipasi kegiatan yang mengganggu keamanan, kenyamanan dan kelancaran saat imlek," sambung Asep.


Perayaan imlek atau perayaan tahun baru China jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020. Imlek identik dengan nuansa merah dan ucapan selamat Imlek seperti Gong Xi Fa Chai yang berati kebahagiaan.

"Jadi pengamanan imlek kali ini akan kita lakukan selama 3 hari ke depan, di mulai hari ini," pungkas Asep.

Seru! Jelang Imlek, Ada Atraksi Akrobat Kelas Dunia dari China:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)