Virus Corona, MPR Minta Pemerintah Terbitkan Travel Warning ke Wuhan China

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 16:44 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani meminta pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menerbitkan peringatan perjalanan (travel warning) bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin bepergian ke China. Muzani menilai pemerintah harus bersikap tegas melarang WNI yang ingin bepergian ke kota tempat virus Corona mewabah, yaitu Wuhan.

"Mungkin tidak perlu seluruh wilayah negara itu, tapi di tempat virus Corona itu mewabah. Kita harus mengeluarkan travel warning yang agak keras, sehingga warga Indonesia tidak mendatangi wilayah tersebut untuk menghindari terjangkitnya wabah tersebut," kata Muzani di gedung MPR/DPR, Jumat, (24/1/2020).

Selain travel warning, Muzani menilai ada upaya lain yang dapat dilakukan pemerintah untuk mencegah virus Corona menyebar ke Indonesia. Salah satunya menghentikan produk dari Wuhan, seperti buah dan unggas, masuk ke Indonesia.

"Kalau untuk melakukan pencegahan, ya, segala macam jenis, ya, unggas dan buah dari kota tersebut dihentikan sementara untuk selanjutnya dievaluasi," tutur Muzani.

Muzani mengaku kaget saat mendengar informasi bahwa virus Corona sudah menyebar ke Indonesia. Sebab, menurutnya, orang Indonesia mempunyai kekebalan tubuh yang baik.

"Saya agak kaget karena pemerintah sebelumnya ini agak optimis bahwa itu tidak akan masuk ke Indonesia, karena daya tahan kita terhadap virus itu cukup kebal, kita ada sekian jenis virus yang ditempelkan kepada setiap manusia Indonesia, sehingga relatif memiliki kekebalan tubuh," sebut pimpinan MPR dari Fraksi Gerindra itu.

Sebelumnya, wabah virus Corona kali ini diyakini berawal dari satwa liar yang diperdagangkan secara ilegal di pasar hewan Kota Wuhan dan menulari manusia. Virus Corona pada umumnya menyebar antarhewan atau dari hewan ke manusia. Namun Komisi Kesehatan Nasional China menyatakan virus Corona juga bisa menular antarmanusia.

Simak Video "Jokowi Perintahkan Menkes Awasi Perkembangan Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(zak/idn)