BNPB Beri Penghargaan ke Pilot Heli yang Selamatkan Insiden Gagal Terbang

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 16:12 WIB
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo memberi penghargaan ke pilot dan kru helikopter yang gagal terbang di Sangihe, Sulawesi Utara 6 Januari 2020, pada Jumat (24/1/2020). (Rolando FS/detikcom)
Jakarta -

Kepala BNPB Doni Monardo memberikan penghargaan kepada pilot pembawa helikopter Mi-35 yang sempat gagal terbang di Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut). Pilot Kapten Faris Affandi dinilai mampu mengendalikan helikopter gagal terbang dalam keadaan kritis, namun semua penumpang selamat.

"Intinya adalah BNPB memberikan apresiasi, memberikan penghargaan kepada pilot, kopilot, dan kru yang telah melakukan sebuah upaya dalam kondisi kritis sehingga pesawat dan penumpang yang ada di dalam pesawat semuanya dalam keadaan selamat," kata Doni di Kantor BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (24/1/2020).

Menurut Doni, Faris mengendalikan helikopter dengan tenang dan profesional. Sehingga helikopter dapat didaratkan dalam kondisi aman.

"Kita semua tahu bahwa pada tanggal 6 Januari yang lalu ada insiden di mana helikopter gagal take off ya, tetapi pilot dengan tingkat profesional yang tinggi dengan ketenangan yang luar biasa mampu mengendalikan pesawat sehingga pesawat bisa kembali mendarat dalam keadaan aman," ujar Doni.

"Sekali lagi kami keluarga besar BNPB menyampaikan rasa bangga kepada Puspen AD, kepada TNI, kita di mana para prajuritnya sangat profesional," sambungnya.

Doni mengatakan akan tetap terus bekerja sama dengan TNI dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang dilanda bencana. Dia berharap kualitas para pilot dan alutsista TNI dapat terus ditingkatkan.

"BNPB akan tetap selalu bekerja sama dengan Mabes TNI ya termasuk Angkatan Darat, Laut dan Udara. Kehadiran TNI dalam memberikan bantuan kepada masyarakat melalui kerjasama termasuk dengan BNPB ini masih sangat diperlukan ya," ucap Doni.

Simak Video "Helikopter Caracal, Pengganti Sementara Helikopter Presiden Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2