Happy Chinese New Year 2020! Ini 8 Tradisi Imlek: Ada Angpau Juga Liong

Niken Widya Yunita - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 14:58 WIB
Happy Chinese New Year 2020! 8 Tradisi Imlek: Ada Angpau Juga Liong (Foto: Hendra Kusuma/detikcom)
Jakarta -

Happy Chinese New Year 2020. Sabtu besok, 25 Januari 2020 masyarakat Tionghoa di Indonesia akan merayakan tahun baru Imlek 2571. Imlek tahun ini adalah shio tikus logam.


Setiap Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa memiliki tradisi yang beberapa di antaranya juga bisa dinikmati oleh warga masyarakat yang tak merayakan. Apa saja tradisi Imlek?



1. Serba Warna Merah

Salah satu ciri khas dalam setiap perayaan Imlek adalah serba warna merah. Apa penyebabnya? Warna merah melambangkan membawa hoki dan kesejahteraan. Masyarakat China menghias rumah, mengenakan pakaian, serta aksesori berwarna merah pada saat Imlek.

Warna merah juga dipercaya dapat mengusir Nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek. Nian datang untuk mengganggu manusia terutama anak kecil. Happy Chinese New Year 2020!

2. Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah merupakan tradisi masyarakat saat Imlek. Tujuannya untuk membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi bersih-bersih dilakukan satu hari menjelang Imlek.

Simak Video "Berburu Pernak-pernik Imlek, Surabaya"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2