Kuburan China di Bekasi, Makam Berbagai Agama dan Suku di Satu Tempat

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 14:02 WIB
Foto: Kuburan China di Bekasi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Permakaman di salah satu sudut di Bekasi, Jawa Barat dikenal sebagai kuburan China. Uniknya, meski dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir etnis Tionghoa, namun terbaring juga jasad dari berbagai agama dan suku.

detikcom mengunjungi Permakaman Teluk Buyung di Jalan Perjuangan, RT 2/RW 1, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/1) siang. Akses jalan di permakaman tampak becek bekas guyuran hujan.

Pada bagian depan, terlihat berbagai macam makam. Mayoritas yang terlihat adalah makam penganut agama Budha etnis Tionghoa. Makam itu dipermak sedemikian rupa. Ada yang disediakan tempat duduk, ada pula yang ditambah naungan berupa atap.

Arsitektur makam etnis Tionghoa sangat khas, yakni terdapat tempat membakar kertas pada sisi kiri atau kanan makam. Selain itu juga tampak tonggak Dewa Bumi pada tepi makam dan meja persembahyangan di depan batu nisan.

Di batu nisan, tertulis jelas nama, tanggal lahir, hingga tanggal wafat. Lalu juga ditulis nama anak hingga cucu-cucu mendiang.

"(Arsitektur makam tergantung) keinginan keluarga. Ngadep mana segala macem. Ada yang dinaungi, ada yang pagar," kata Kepala Pengurus Makam Teluk Buyung, Asep Supriyanto.

Asep mengatakan terdapat sekitar 3000 kuburan di permakaman Teluk Buyung. Luas lahan mencapai 9 hektare.

Simak Video "Seru! Jelang Imlek, Ada Atraksi Akrobat Kelas Dunia dari China"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3