Hujan Deras, Lion Air Tunda dan Alihkan Sejumlah Penerbangan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 13:23 WIB
Foto ilustrasi pesawat Lion Air. (dok Lion Air)
Jakarta -

Hujan deras mengguyur wilayah DKI Jakarta pagi hingga siang hari. Grup Lion Air melakukan penundaan dan pengalihan sejumlah penerbangan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menginformasikan perkembangan operasional terbaru dari Lion Air, Wings Air, dan Batik Air untuk Jumat (24/1/2020) hingga pukul 13.00 waktu setempat. Hujan deras ini mengguyur beberapa daerah dan sejumlah kota tujuan penerbangan.

"Keadaan ini berpotensi menyebabkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat. Dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air Group akan melakukan penundaan dan pengalihan pendaratan (divert) di beberapa jaringan domestik yang dilayani," kata Danang dalam keterangan tertulis.

Kebijakan ini menyebabkan keterlambatan keberangkatan dan kedatangan pesawat. Danang mengatakan kebijakan ini diambil grup Lion Air berdasarkan SOP.

"Dampak yang timbul akan mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya, sehingga dapat menimbulkan keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay) pesawat udara. Lion Air Group menegaskan bahwa berdasarkan kondisi yang terjadi, seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP)," jelas Danang.

Salah satu penerbangan yang mengalami penundaan adalah Lion Air penerbangan JT-207 Medan Kualanamu ke Soekarno-Hatta, dialihkan ke Tanjung Karang, Lampung (TKG). Danang mengatakan Lion Air Group sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya.

"Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight). Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu," jelas Danang.

Simak Video "Hujan Sejak Pagi, Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Air"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/imk)