Wali Kota Sebut Sejumlah Wilayah di Jakut Sengaja Digenangkan, Ini Alasannya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 13:06 WIB
Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Sigit Wijatmoko mengatakan ada beberapa wilayah yang sengaja digenangkan untuk penyimpanan air sementara. Genangan itu ada di Marunda, Kebantenan, Rorotan, dan Semper Timur.

"Tentu kan kita bicara ini bagian dari usaha kita memang ada beberapa wilayah yang sengaja kita genangkan, kita bicara kayak daerah Kebantenan yang relatif memang tidak ada warga di sana, kita gunakan sebagai area yang digenangkan untuk menampung sampai nanti kita melakukan pompa," ujar Sigit di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020). Sigit menjawab pertanyaan, 'dengan kondisi rob, bagaimana cara meyakinkan warga bahwa daerah Utara cepat surut dan antisipasi banjir bisa lancar'.

"Jadi daerah-daerah yang masih terbuka yang mungkin menjadi tempat penyimpanan air sementara itu kita genangkan," dia menambahkan.

Sigit mengatakan ada tiga wilayah yang menjadi titik genangan sementara selain Kebantenan, yaitu Marunda, Rorotan, dan Semper Timur.

"Di daerah Marunda kita ada, kemudian juga di daerah Rorotan, Semper Timur, itu kita memang sengaja genangi. Lahan kosong, hutan kota atau area TPU yang belum digunakan, " ucapnya.

Simak Video "Hujan Sejak Pagi, Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Air"

[Gambas:Video 20detik]

Pemkot Jakarta Utara memompa genangan air ke Kali Sunter dan itu juga tergantung kondisi laut. Karena kondisi laut yang tinggi itulah pemkot menahan sementara air.

"(Genangan di Jalan) Gaya Motor kan kita menggunakan pompa ke Kali Sunter. Nah Kali Sunter sekarang tergantung lautnya. Kalau lautnya pas tinggi, nggak mungkin kita pompa karena (airnya) akan berputar saja. Makanya itu kita tahan dulu sebentar untuk kemudian kita pompa dengan pelan-pelan," sebut dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2