Mau Sholat Jumat Berpahala Seperti Kurban Unta? Datang Lebih Awal

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 09:22 WIB
Keutamaan sholat Jumat datang lebih awal adalah berpahala laksana kurban unta. Foto: (detikcom)
Jakarta -

Sholat Jumat menjadi salah satu ibadah wajib bagi laki-laki dengan pahala yang tidak sedikit. Berbagai keutamaan Sholat Jumat juga menjanjikan pahala, ridho, dan kebaikan lain dari Allah SWT.

Salah satu keutamaan Sholat Jumat adalah datang lebih awal dan mendapat tempat di barisan atau shaf paling depan. Dalam hadist, keutamaan ini dijelaskan seperi berkurban seekor unta.

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Artinya: "Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan datang lebih awal Sholat Jumat juga diterangkan dalam hadist dari Al-Barra' RA. Keutamaan ini bersumber dari Allah SWT dan malaikatNya bagi yang mendapat saf paling depan saat Sholat Jumat

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الصَّفِ اْلأَوَّلِ.

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaff pertama." (HR Ibnu Hibban).

Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya juga mengingatkan, jarak manusia bisa melihat Allah SWT saat kiamat bergantung dari cepatnya datang untuk Sholat Jumat. Datang Sholat Jumat lebih awal dan dapat tempat di barisan depan, maka punya kesempatan lebih besar melihat Allah SWT.

Keutamaan datang Sholat Jumat lebih awal ini diterangkan imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Segera datang untuk Sholat Jumat juga memungkinkan jamaah tidak terlambat dan bisa mendengarkan khutbah lebih dulu.

Dengan keutamaan ini, sangat disarankan secepatnya ke masjid untuk Sholat Jumat jika tak ada kesibukan lain. Setiap langkah menuju masjid untuk Shalat Jumat mendapat ganjaran puasa dan sholat setahun, sesuai hadist dari Aus bin Aus.

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

Artinya: "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun." (HR. Tirmidzi).

Saat telah mendapat tempat paling depan untuk Sholat Jumat, jangan hanya bengong atau mengganggu jamaah lain. Pastikan tetap duduk tenang, membaca dzikir, atau berdoa sebanyak mungkin berharap ridho Allah SWT.

Selain itu, jangan sampai mengabaikan hak jamaah lain meski mendapat tempat paling depan jelas sangat diutamakan. Demi mendapat tempat terdepan jangan sampai menginjak sajadah, tidak sengaja menendang jamaah lain, atau melakukan tindakan tak sopan lain. Bila ingin mendapat tempat paling depan, datanglah lebih awal supaya tidak mengganggu jamaah lain untuk Sholat Jumat.

Simak Juga Video "Sholat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah"

[Gambas:Video 20detik]

(row/erd)